Tuesday, January 20, 2015

Tips Panduan Modifikasi Ceper

Merubah penampilan bisa menjadi solusi karena memodifikasi mesin atau sasis membutuhkan biaya sangat besar. Pilihan tema sesuai dengan favorit bisa memotivasi anda untuk terus berkarya.

Membuat bagian kaki-kaki mobil menjadi lebih pendek dalam modifikasi sebenarnya sudah lama merasuki tanah air, terutama bagi para anak muda. Modifikasi seperti ini lebih akrab terdengar dengan sebutan Modifikasi 'ceper', jika di negara eropa biasa disebut dengan low rider.

Tampilan Modifikasi dengan gaya ceper dapat membuat mobil makin keren untuk dilihat. Banyak cara agar bisa menjadikan mobil terlihat lebih ceper, mulai dari yang rela melakukan potong memotong per dan shock absorber original ataupun aftermarket hingga dengan mengaplikasikan lowering kit suspension yang hanya tinggal plug 'n play, namun untuk hal ini anda harus rela mengeluarkan uang lebih untuk mendapatkannya. Selain dari itu semua banyak faktor yang perlu diperhatikan dan pertimbangan sebelum menerapkan Modifikasi bergaya ceper.




Kelebihan dan Kekurangan Pasti Ada

Supaya tidak salah kaprah pada saat menerapkan Modifikasi seperti ini, perlu anda ketahui bahwa kelebihan dari Modifikasi ini di samping dapat meningkatkan performa penampilan eksterior mobil, Modifikasi men-ceperkan mobil juga dapat menjadi solusi jitu dalam mengatasi suspensi yang limbung / goyang, khususnya untuk jenis mobil yang memiliki ground clearance cukup tinggi, tetapi efek negatifnya dari modifikasi ini pasti menyebabkan bantingan suspensi mobil makin terasa lebih keras dari keadaan normalnya, Apalagi jika sering melintasi jalanan yang tidak rata atau rusak, yang otomatis tentunya mengurangi faktor kenyamanan.

Kemudian, Anda juga harus mempertimbangkan faktor apakah mobilnya hanya untuk keperluan kontes atau untuk dipakai sehari-hari. Modifikasi bergaya ceper tidak akan masalah jika hanya mempertimbangkan segi fashionnya saja. Jika memang mobil hanya khusus untuk keperluan kontes, atau bahkan hingga sampai merubah sudut chamber menjadi minus dan bermain wide body, Tetapi untuk mobil yang digunakan sehari-hari penerapannya harus tetap memperhatikan faktor kenyamanan dan keamanan dalam berkendara sehari-hari di jalan raya.



Anda yang ingin menerapkan gaya Modifikasi mobil low rider alias ceper untuk mobil sehari-harinya, ada beberapa tips yang bisa diterapkan untuk mendapatkan mobil ceper yang tetap nyaman dan aman untuk digunakan sehari-hari meskipun walaupun cara melakukan potong memotong per dan shock absorber, berikut tips-nya :
1. Perhatikan segi kualitas per itu sendiri dan harus mengenali karekteristik mobil yang akan dipasangkan per tersebut agar kenyamanan dalam berkendara tidak sepenuhnya hilang.
Jika anda punya budget lebih, baiknya membeli per after market yang banyak dijual dipasaran, karena mengganti per akan jauh lebih baik daripada memotongnya. Namun jika terpaksa melakukan pemotongan per , sebaiknya berkonsultasi ke bengkel khusus kaki agar mengetahui karakter mobil yang anda.


 Demi menjaga kenyamanan maksimal per cukup turun 5 cm untuk depan ataupun belakang agar masih ada jarak ayun / main per, Jangan memotong per terlalu pendek jika untuk mobil sehari-hari.

Jangan asal ingin potong per, perhatikan bahan, jenis, kerenggangan ulir dan tebal diameter dari per itu sendiri. Karena tidak semua per baik dan mudah untuk dipotong.

 Setelah melakukan potong per, tinggi shock dan per sebaiknya harus sama, kalau lebih tinggi shock nya pasti tidak akan nyaman, jika hal ini terjadi maka sebaiknya tabung oli shock harus dipotong dan dibuatkan ulir baru hingga seperti keadaan original.

Pastikan setelah anda merasa selesai pada bagian dudukan mounting shock absorber kembali terpasang kuat dan tidak goyang pada kaki-kaki mobil.

2. Menggunakan konsep Modifikasi mobil ceper dalam harian sebaiknya juga harus diikuti oleh up size velg, velg ukuran standar lebih baik diganti dengan velg yang berukuran 2 tingkat diatasnya, contohnya saja dari ukuran 15 naik menjadi 17. Untuk biaya Modifikasi per mobil biar ceper biasanya bengkel memberikan harga yang berkisar mulai dari Rp. 400.000 hingga 800.000 karena tergantung dari tingkat kesulitan per dan shock absorber serta jenis mobilnya





3. Memodifikasi dengan membuat negative chamber mempunyai dampak yang kurang bagus pada ban yaitu menjadi "botak sebelah". karena itu penganut modifikasi ini di sarankan melakukan rotasi ban 3 bulan sekali ato sekitar 6000 kilometer pemakaian.





4. Apabila uang tidak menjadi masalah buat anda, silahkan coba menggunakan air suspension. Lihat apa itu air suspension disini.
Dengan menggunakan komponen ini, setinggian serta kelembutan ayunan suspensi bisa anda setting dalam beberapa tingkatan.



Modifikasi mobil merupakan salah satu hobi orang berduit yang tidak hanya sekedar ingin membuat mobil menjadi lebih nyaman untuk dikendarai namun juga untuk menaikkan gengsi dari sang pemilik. Kalau sudah berurusan dengan gengsi dan harga diri, uang akan terasa sangat priceless karena ada sesuatu yang tidak bisa dibeli dengan uang, yaitu rasa bangga. Tidak heran bila para penghobi modifikasi mobil akan rela merogoh kocek mereka dalam - dalam untuk sekedar mendandani mobil mereka.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips Panduan Modifikasi Ceper